Space Iklan :085296206269

Responsive Ads Here

Sabtu, 19 Agustus 2017

Mengkonversi FAT32 ke NTFS Tanpa Format atau Kehilangan Data

Anda memiliki flash drive atau mungkin hard drive eksternal yang saat ini memiliki sistem file FAT32 dan Anda ingin mengubahnya menjadi NTFS, karena FAT32 tidak mendukung penanganan file besar (lebih dari 4GB) atau hanya cukup lama untuk selera Anda tapi ada Hanya satu masalah, Anda tidak ingin kehilangan data yang tersimpan. Artikel ini untuk Anda kemudian karena menjelaskan dengan tepat bagaimana Anda dapat mencapai transisi mulus dari FAT ke NTFS tanpa melibatkan kehilangan data.


Meskipun umumnya dianjurkan untuk menggunakan sistem file NTFS karena stabilitas, keamanan dan waktu defragmentasi yang lebih rendah, kebanyakan dari kita akhirnya menggunakan FAT32 karena itulah disket yang paling banyak diformat. Kecuali, kita melihat "Kesalahan ruang disk yang tidak cukup" meskipun ruang disk tersedia, kita tidak perlu repot-repot mengganti sistem file. Apalagi kebanyakan kita tidak mengubahnya karena risiko kehilangan data penting dan kekurangan waktu (baca kemalasan). Karena Microsoft menyadari skenario ini, mereka menambahkan kemampuan dalam command prompt untuk mengatasi hal ini dengan menjalankan perintah sederhana. Ada banyak perangkat lunak yang mendukung ini juga tapi perintah Convert adalah salah satu cara termudah untuk melakukannya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui caranya: -

Penting: Meskipun metode ini bekerja dengan sempurna, saya masih akan menyarankan Anda untuk membuat cadangan data Anda jika terjadi kesalahan.

Langkah Konversi FAT 32 ke NTFS
1) Go ke Komputer, dan catat nama drive yang sistem filenya ingin Anda ubah.
2) Klik Start.
3) Ketik cmd di bilah pencarian jika Anda menggunakan Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 atau Windows 10. Jika Anda menggunakan Windows XP, klik Run dan kemudian jalankan cmd.
4) Jalankan "chkdsk h: / f" (tanpa tanda kutip) di mana H adalah huruf drive untuk menjalani konversi. Ini memeriksa drive untuk kesalahan dan memperbaikinya secara otomatis.
5) Jalankan "Convert H: / FS: NTFS" (tanpa tanda petik). H lagi huruf drive yang akan dikonversi.
6) Perintah prompt akan memulai proses konversi dan setelah beberapa menit, CMD akan mengatakan bahwa konversi berhasil.
7) Anda bisa mengeceknya di properties drive melalui klik kanan <Properties.


Perintah ini juga dapat digunakan untuk mengonversi disk FAT16 dan bekerja pada Windows 10, Windows 8, Windows 8.1, Windows 7, Windows XP dan Windows Vista. Saya mengubah sistem berkas flash drive saya menggunakan langkah-langkah ini dan bekerja dengan sempurna. Sangat menarik untuk dicatat bahwa metode ini tidak dapat digunakan untuk mengubah kembali sistem file NTFS kembali ke FAT32. Untuk kembali ke FAT32, Anda perlu memformat keseluruhan drive yang pasti akan menyebabkan kehilangan data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar