Space Iklan :085296206269

Responsive Ads Here

Sabtu, 19 Agustus 2017

Instal Windows 10, 8, 8.1, atau 7 dari drive USB Bootable

Windows dijual dalam bentuk DVD dan ISO yang dapat didownload. DVD Windows dapat dimasukkan ke dalam optical drive agar mudah dipasang. Namun, dengan munculnya perangkat ultra portable dan tablet yang tidak memiliki optical drive, menginstall Windows dari setup DVD menjadi masalah. Satu-satunya solusi untuk perangkat ini adalah menginstal Windows dari perangkat USB seperti flash drive.

Ada banyak alasan lain mengapa walaupun memiliki optical drive, Anda mungkin menginginkan perangkat USB bootable untuk menginstal Windows. Salah satunya adalah bahwa menginstal Windows dari flash drive jauh lebih cepat dari pada DVD. Membuat flash drive untuk menginstal Windows tidak semudah menyalin file setup ke dalamnya karena tidak bisa di-bootable. Agar bisa bootable, Anda perlu menggunakan software khusus.

Ada banyak perangkat lunak pihak ketiga untuk membuat perangkat USB bootable namun mengingat fakta bahwa kebanyakan orang tidak nyaman dengan perangkat lunak pihak ketiga, Microsoft telah merilis sebuah aplikasi bernama Windows 7 USB / DVD download tool. Meskipun nama program membuatnya merasa bahwa itu hanya mendukung Windows 7, itu tidak benar-benar terjadi. Ini bekerja dengan baik untuk menyiapkan perangkat USB bootable untuk menginstal Windows 8 juga.

Namun, jika Anda ingin menginstal Windows 8.1 atau Windows 10 dari perangkat USB, Anda perlu menggunakan alat pihak ketiga yang disebut Rufus, karena alat Microsoft tidak mendukung Windows 8.1 dan Windows 10 yang lebih baru.



Sebelum Anda mulai, Anda harus memastikan bahwa flash drive Anda memiliki kapasitas penyimpanan minimal 4GB (8GB untuk 64 bit). Juga, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki file ISO DVD setup Windows dengan Anda. Jika Anda tidak memiliki file ISO, maka Anda perlu membuat file ISO dari DVD setup Anda menggunakan program gratis seperti ISOCreator.

Lihat Langkah untuk :
1. Windows 10 dan Windows 8.1
2. Windows 8 dan Windows 7

Langkah-langkah untuk Menginstal Windows 10 dan Windows 8.1 dari USB flash drive
1. Download Rufus. Program berjalan sempurna pada Windows 10, Windows 8, Windows 8.1, Windows 7, Windows Vista dan Windows XP. Selain itu, Anda perlu berada di akun administrator.

2. Jalankan program dan cari perangkat USB Anda di menu Device: dropdown.

3. Beri nama pada flash drive Anda dengan menggunakan opsi Volume Label dan biarkan semua pengaturan lainnya tidak berubah.

4. Centang kotak Create a bootable disk menggunakan kotak centang jika belum diperiksa. Di menu tarik-turun di sebelahnya, pilih ISO image. Klik pada tombol kecil tepat untuk menemukan gambar ISO Windows Anda.

5. Klik Start untuk memformat perangkat USB Anda dan ekstrak semua file ISO ke dalamnya. Ini akan menghapus semua data pada perangkat USB Anda jadi pastikan file tersebut tidak mengandung file penting apapun.

6. Sekarang, Anda perlu melakukan booting dari perangkat USB yang baru saja Anda buat untuk memulai proses instalasi Windows 8.1. Jika komputer Anda tidak melakukan booting, Anda mungkin perlu mengubah urutan booting. Juga, Anda harus mencatat bahwa komputer lama tidak akan dapat boot dari drive USB yang diformat sebagai NTFS. Untuk mengatasinya, Anda harus memastikan perangkat Anda diformat sebagai FAT32 dan hard disk Anda memiliki cukup ruang kosong.

Langkah-langkah untuk Menginstal Windows 8 dan Windows 7 dari USB flash drive

1. Instal alat download USB / DVD Windows 7. Untuk menginstal program ini, Anda memerlukan .NET Framework versi 2.0 atau lebih tinggi yang terinstal di komputer Anda. Program ini bekerja pada Windows 10, Windows 8, Windows 8.1, Windows 7, Windows Vista dan Windows XP. Selain itu, Anda perlu berada di akun administrator.

2. Buka program. Masukkan lokasi file ISO Windows Anda di kotak file sumber. Sebagai alternatif, Anda bisa browse ke sana dan klik Next. Jika pada langkah ini, Anda mendapatkan pesan kesalahan dengan mengatakan "File ISO tidak valid", Anda dapat menggunakan metode alternatif untuk melakukan bootable USB flash drive.

3. Pada layar pilih jenis media, pilih perangkat USB untuk membuat flash drive penginstalan Windows bootable.

4. Pada layar perangkat USB masukkan, pilih flash drive USB atau hard drive eksternal yang akan Anda salin pada file setup dan klik Begin copying. Jika perangkat USB Anda tidak memiliki cukup ruang, Anda akan ditunjukkan kotak dialog yang mengatakannya. Klik Erase USB device. Ini akan memformat perangkat USB Anda dan menghapus semua data di dalamnya.

Tip: Jika Anda secara tidak sengaja menghapus data di perangkat USB Anda pada langkah sebelumnya, Anda masih dapat memulihkannya dengan alat gratis.

5. Jika semuanya berjalan dengan benar, Anda akan melihat perangkat USB Bootable berhasil membuat pesan pada layar berikutnya.

6. Sekarang, Anda perlu boot dari perangkat USB yang baru saja Anda buat untuk memulai proses instalasi Windows. Jika komputer Anda tidak melakukan booting, Anda mungkin perlu mengubah urutan booting. Juga, Anda harus mencatat bahwa komputer yang lebih tua tidak akan melakukan booting dari drive USB yang diformat sebagai NTFS yang merupakan alat pengunduhan USB / DVD Windows 7 yang memformatnya saat Anda memilih Menghapus perangkat USB. Untuk mengatasinya, Anda harus memastikan perangkat Anda diformat sebagai FAT32 dan komputer Anda memiliki cukup ruang disk.

Jika itu adanya peringatan bahwa itu bukan file ISO yang valid, Anda perlu memastikan bahwa ISO Windows Anda asli dan belum dimodifikasi dengan cara apapun. Jika Anda masih tidak bisa menginstal Windows dari USB drive, cukup tambahkan komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar