Space Iklan :085296206269

Responsive Ads Here

Selasa, 29 Agustus 2017

Cara Mudah Membersihkan Komputer dari Virus Shortcut

Cara Kerja Virus Shortcut

Apa Itu Virus Shortcut??

Virus Shortcut Merupakan Virus yang membuat File Atau Folder Menjadi Shortcut, Virus ini menyebar melalui perangkat USB seperti pendrives, drive eksternal, tetapi juga smartphone atau kamera digital melalui kartu memori mereka. 
Setelah media terhubung Maka File atau folder yang berada di dalam Usb Tersebut akan berubah menjadi shortcut, seperti Gambar di bawah ini :


Cara Kerja Virus Shortcut
Virus ini menular melalui Flashdisk walaupun autorun sudah kita matikan. Virus Shortcut 1234 Runmit ini menginfeksi komputer / laptop kita tanpa kita sadari. Jika diinstal ulang maka virus ini akan muncul lagi apapun alasannya karena virus ini tidak mempunyai file anak. Jadi semua induk. Virus Shortcut 1234 Runmit dari flashdisk langsung membuat folder bernama C:Program FilesMicrosoft dan C:Program FilesCommon FilesMicrosoft Dan virus ini  membuat backupan file di dalam Folder System Volume Information dan Recycle setiap harddisk termasuk flashdisk. Setelah itu Runmit akan menginfeksi semua file berextensi dll, exe, dan htm. 

Jika file-file Virus Shortcut 1234 Runmit dihapus oleh anda, maka virus akan kembali lagi. Misalnya Virus Shortcut 1234 Runmit sudah menginfeksi file yang ada di D:aaaaaa.exe (hanya contoh). Kemudian folder aaa dihapus, karena ada virusnya. Lalu kita berpikir jika restart ulang Virus Shortcut 1234 Runmit akan hilang. Dan akhirnya memang berhasil. Tetapi jika kita menginstal software aaa.exe tadi di D:aaa maka virus hasil backupan yang ada di System Volume Information dan Recycle setiap Harddrive akan terbangun dari tidurnya dan kembali menginfeksi virus itu dan dia membuat file watermark lagi didalam :Program FilesMicrosoft dan C:Program FilesCommon FilesMicrosoft. 

Cara Membersihkan Komputer Dari Virus Shortcut

Buka Run dengan klik star>allprogram>accessoris>pilih RUN atau bisa juga menggunakan kombinasi keyboard WINDOWS + R seperti gambar di bawah ini.


Ketikkan cmd lalau enter, seperti gambar dibawah ini 


Selanjutnya anda harus Masuk pada drive Flashdisk atau komputer yang terinfeksi virus shortcut misalnya kita terinfeksi pada drive E dengan cara ketik E: lalu enter
 


Selanjutnya anda ketikkan attrib -s -r -h /s /d lalu anda tekan enter.

Jika anda sudah melakukan langkah-langkah diatas maka file/folder asli anda akan terlihat dan silakan hapus folder yang masih shortcut maka akan terhapus secara permanen.

Dengan cara menghapus virus shortcut secara manual maka file yang terhidden oleh virus Shortcut akan muncul kembali dan dengan cara tersebut maka anda bisa mendelete folder Shortcut melalui Command Prompt.

demikian artikel dari komtipstrik.blogspot.com apabila ada kritik dan saran silahkan tinggalkan di kolom Komentar. Thanks For Watching, See You Next Artikel.


Semoga bermanfaat ya sobat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar