Space Iklan :085296206269

Responsive Ads Here

Kamis, 15 Juni 2017

Cara Mudah Enkripsi File dan Windows di Windows Vista

Anda memiliki perangkat lunak antivirus dan anti-spyware yang terinstal dan diperbarui. Firewall Anda berjalan dan dikonfigurasi dengan benar. Anda telah mengamankan router nirkabel Anda dari laptop yang mencongkel tetangga sebelah Anda. Anda bahkan sudah menyiapkan akun kata sandi untuk semua anggota keluarga Anda. Jika Anda masih memperhatikan informasi sensitif Anda, ada satu langkah lagi yang dapat Anda lakukan untuk memastikan file Anda tetap berada pada posisi aman di mata Anda saja: mengenkripsi mereka.

Jika Anda menjalankan edisi Bisnis, Enterprise, atau Ultimate Windows Vista, Anda dapat menggunakan Encrypting File System untuk menyimpan dokumen dan data Anda yang paling pribadi. (Perhatikan bahwa Anda tidak dapat mengenkripsi beberapa jenis file dan folder, seperti file sistem, file dalam folder Windows Anda, atau pada hard drive yang diformat dengan sistem file FAT32.)

Begini cara menggunakannya:
  1. Arahkan ke file atau folder yang ingin Anda proteksi.
  2. Klik kanan padanya untuk membuka jendela Properties.
  3. Klik tombol Advanced ... untuk membuka jendela Advanced Attributes.
  4. Klik kotak centang di sebelah "Enkripsikan konten untuk mengamankan data".
  5. Klik OK untuk kembali ke Properties, kemudian klik OK lagi.

Jika Anda memilih untuk mengenkripsi folder, Anda akan ditanya apakah Anda ingin menerapkan enkripsi hanya ke folder, atau ke subfolder dan juga file-nya. Buat pilihan Anda, lalu klik OK untuk memulai proses enkripsi.

Bergantung pada berapa banyak file yang Anda encrypting, prosesnya bisa memakan waktu beberapa menit. Setelah proses enkripsi selesai, file Anda (secara default) ditampilkan dalam warna yang berbeda di jendela Explorer. Anda dapat membuka, mengedit, memindahkan, atau bahkan menghapusnya sesuai keinginan pengguna lain-pengguna lain tidak dapat melakukannya.

Jika Anda mengenkripsi folder, file atau folder yang Anda pindah ke folder terenkripsi akan menjadi terenkripsi. Jika Anda memindahkan apapun dari folder yang dienkripsi, enkripsi tetap ada. Anda bisa menghapus enkripsi dengan salah satu metode berikut:

    Lakukan secara manual, kebalikan dari cara Anda mengenkripsi file atau folder (dengan tidak memilih kotak centang "Enkripsikan konten untuk mengamankan data" di Atribut Lanjutan)
    Pindahkan file atau folder ke hard drive yang diformat dengan sistem file FAT32
    Pindahkan file atau folder ke lokasi jaringan lain
    Kirim file sebagai lampiran e-mail

JANGAN LUPA KATA SANDI ANDA

Pertama kali Anda mengenkripsi file atau folder, Vista akan meminta Anda untuk mencadangkan kunci enkripsi Anda, seandainya terjadi sesuatu dan Anda kehilangan akses ke file terenkripsi Anda. Anda pasti harus melakukan ini-mengklik balon prompt akan memulai Certificate Export Wizard. Anda dapat meninggalkan semua pengaturan di default mereka, namun Anda diminta untuk membuat kata sandi dan menentukan nama dan lokasi untuk file yang Anda buat.

Setelah selesai, Anda harus menyimpan file itu ke sesuatu yang aman dan mudah dibawa-seperti di CD, DVD, atau USB stick-jadi Anda tidak perlu khawatir tentang menjadi tanpa itu jika yang terburuk seharusnya terjadi.

Jika yang terburuk terjadi, cukup akses kunci cadangan melalui Windows Explorer, klik dua kali di atasnya, dan mulai Certificate Import Wizard. (Anda memerlukan kata sandi yang Anda gunakan saat pertama kali mencadangkan kunci Anda.)

Bagaimana cukup membantu bukan ,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar