Space Iklan :085296206269

Responsive Ads Here

Senin, 22 Februari 2016

Mengapa kita harus Mematikan / shutdown Laptop atau PC harus sesuai prosedur.

Hai Sahabat Blogger , ketemu lagi nih , sebelumnya kita telah membahas kerusakan yang sering terjadi di laptop atau PC kali ini kita akan membahas tingkat lanjutan yang sering terjadi juga nih pada Laptop atau PC sobat dimana hal – hal ini seharusnya telah dapat kita deteksi dini jika kita peka terhadap PC atau Laptop kita ya soba......ayo coba periksa masing-masing PC atau laptop ada tidak yang sering mematikan PC atau Laptop langsung menekan tombol power, hayo... unjuk jari .... atau hayo... sapa yang sering karena buru-buru langsung mencabut steker listrik PC nya biar cepat mati .... J atau ada yang langsung main cabut baterai laptop aja karena buru – buru , sebaiknya jangan ya sobat.... hal – hal diatas dapat secara tidak langsung mengakibatkan Laptop atau PC kita rusak lho .... kok bisa ya ? nah... logikanya system memiliki modul-modul atau registry ( kita menyebutnya register ) yang memiliki logika –logika ingat sejarah komputer , ( Lupa sejarah komputer , baca disini ) dimana setiap modul / register ini akan mengikuti Flow ( aliran ) program dimana saat kita melakukan Shutdown  pada Laptop atau PC sobat . dimana Operation System akan mengurutkan modul mana yang akan di close terlebih dahulu kemudian di susul dengan modul lainnya sampai dengan modul terakhir dan hasilnya Laptop atau PC akan kehilangan power keseluruhan dimana Operation System akan memutus aliran listrik yang mengaliri setiap hardware yang ada, nah .... inilah mengapa kita disarankan untuk melakukan Shutdown Laptop atau pc kita setiap kali kita selesai menggunakannya.
Apa saja sih akibatnya kalo kita tidak melakukan Shutdown secara benar ,
Nih daftarnya sobat : 

a.       Power Suplay : Tombol Power terhubung langsung dengan motherboard yang menjadi Switch antara on / of Power Suplay. Akibat yang ditimbulkan apabila mematikan komputer dengan langsung menekan tombol power adalah rusaknya power suplay , dimana pada saat power suplay masih mengalirkan arus tiba-tiba terhenti dan power suplay akan mengalami korslet listrik , 

b.      Memori : memori akan mengalami listrik statis yang tidak stabil yang mennyebabkan komponen IC akan mengalami kerusakan 

c.       Hardisk : pada saat pc terhenti secara mendadak maka Optik dari Hardisk akan berada di sembarang sektor yang menyebabkan pada saat meyala kembali maka optik akan memaksa untuk berada di posisi awal, hal ini yang sering menyebabkan Bad sector / sector hardisk yang rusak .

d.      VGA Card : kerusakan pada pin dan modus pengolah data menjadi gambar dimana terlalu seringnya putus arus di waktu masih menampilkan sehingga device tidak siap untuk kehilangan daya.

e.       Motherboard : kelingan arus yang secara mendadak akan memaksa keterkaitan perangkat untuk mendapatkan aliran daya hal ini akan menyebabkan device – device yang rentan terhadap lonjakan arus akan menyebabkan kerusakan-kerusakan

f.        Kehilangan data pada registry :  System Operasi pada saat melakukan tugasnya dengan cara menghubungkan register satu dengan register yang lain dimana hal ini sangat keterkaitan baca sejarah komputer dengan cara mendaftarkan komponen komputer yang tersedia atau pun aplikasi yang telah digunakan, apabila pada saat system operasi bekerja tiba-tiba aliran daya terputus hal ini akan mengakibatkan komponen atau aplikasi tidak dapat disimpan pada registry, hal ini akan mengakibatkan system recovery tidak berfungsi dengan sebaiknya, jika sudah terjadi kehilangan registry besar kemungkinan Laptop atau PC akan menampilkan pesan Error registry not found,yang paling parahnya tidak dapat loading ke Windows sehingga harus dilakukan recovery dengan sistem Restore , jika tidak dapat juga maka jalan terakhir adalah install ulang .

g.        Mengurangi umur komponen komputer / laptop :  Logika yang terjadi jika dilakukan shutdown secara benar maka disaat komputer di shutdown unit pemrosesan atau pun CPU ( Central Processing Unit ) akan memberikan arahan kepada BIOS untuk menghentikan segala kerja komponen yang sedang bekerja agar berhenti untuk memulai aktifitas perhentian, CPU juga akan mengontrol arus keluar masuk pada komponen, Jika sobat mematikan komputer dengan arus tidak benar maka akan terjadi lonjakan arus hal ini akan menyebabkan komponen PC atau Laptop kehilangan daya secara mendadak yang menyebabkan komponen akan cepat rusak.

h.      Processor akan mudah rusak : Saat shutdown dengan benar maka Processor akan memerintahkan Bios untuk memulai proses mematikan / memutus daya serta komponen yang bekerja, dalah hal bios sudah mendapat perintah makan bios akan memainkan perannya untuk mematikan FuN Cooler pada processor, jika fun cooler ini kehilangan daya secara mendadak maka akan tersentak ke processor yang menyebabkan kerusakan juga pada processor.
Nah itulah tadi betapa pentingnya kita mematikan komputer / Laptop dengan benar .

Baca juga : Kerusakan Laptop yang menyebabkan suara bising

Semog bermanfaat....


     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar