Space Iklan :085296206269

Responsive Ads Here

Senin, 22 Februari 2016

Cara mengatasi Kerusakan komputer yang sering Terjadi Lanjutan

Komtipstrik.blogspot.com kali ini akan membahas kerusakan – kerusakan komputer yang sering terjadi pada Pc ( Personal Computer )  atau Laptop Sobat, bagi user pengguna biasanya kerusakan –kerusakan kecil saja sudah membuat panik , ya bukan ??  dan  langsung memanggil atau mengantarkan ke Teknisi komputer, hal ini sangat di sayangkan , mengapa ? karena sebetulnya kita juga dapat memperbaiki sendiri kerusakan yang ditimbulkan asalkan kita paham akan kerusakan yang terjadi.

Baca Juga : Mengatasi Laptop yang Bising 

1.      Keyboard
Keyboard laptop terdeteksi pada bios tapi di windows tidak terdeteksi.
Anda dapat memasukkan menu BIOS setup dan menavigasi melalui menu menggunakan tombol keyboard.
tapi setelah Windows berjalan, keyboard berhenti merespons.

Kemungkinan penyebabnya: software

langkah pemecahan masalah dan solusi perbaikan:

Kemungkinan besar ini adalah masalah perangkat atau software.
Jika keyboard bekerja pada BIOS, berarti fungsi keyboard baik
Cara terbaik dan lebih efisien untuk memperbaiki masalah ini adalah menginstal ulang sistem operasi dari awal.
Back up semua data pribadi dan jalankan recovery disc atau CD install.
ada baiknya anda menginstal ulang sistem operasi yang akan membuat keyboard anda berfungsi kembali.
jika hal ini terjadi pada PC maka langkah yang dilakukan adalah :
a.       Lihat Jack penghubung Keyboard ke PC baik berupa USB maupun yang berupa PS2 biasanya di era sekarang sudah menggunakan USB dan yang lebih canggih saat ini adalah menggunakan Keyboard Bluetoth , penangan sama apakah jack usb keyboard yang tidak terdeteksi tersebut telah tersambung dengan baik dengan PC
b.      Jika USB keyboard telah tersambung dengan baik dengan Port USB PC tetapi belum juga keyboard berfungsi dengan normal yang dapat dilakukan adalah memindah port USB pc ke port usb pc yang lain ,
c.       Jika masih belum juga dapat berfungsi lakukan restart PC setelah dilakan pemindahan kabel USB Keyboard
d.      Opsi lainnya adalah menggunakan keyboard lain dengan cara memancing apakah USB kita berfungsi dengan normal, jika USB berfungsi dengan normal maka di pastikan Keyboard UBS sobat mengalami kerusakan Hardware/ perangkat keras, silahkan diganti dengan yang baru.
e.       Jika Keyboard dengan menggunakan USB Bluetoth maka cek dengan cara yang sama , jika belum juga coba cek baterai pada Keyboard.
Jika ditemukan keyboard fisik masih normal dengan menggunakan Pc atau laptop lain maka cek Driver dari Keyboard tersebut.

Hal lain yang menyebabkan keyboard mengalami kerusakan
Sering kali akitifitas ber-komputer kita tidak terlepas dengan aktivitas lain; Makan misalnya. Ketika kita makan sambil beraktifitas dengan komputer otomatis serpihan makanan dan kotoran akan menempel di keyboard dan mouse yang jika itu dilakukan sering maka akan masuk kedalam. bersihkan secara rutin perbulan dengan menggunakan kuas untuk keyboard dan me-lap dengan tisu yang dibasahi dengan alkohol untuk membersihkan mouse.
2.      Laptop /PC slow
Laptop /pc booting dan beroperasi dengan lambat.
Laptop / PC membutuhkan waktu beberapa menit untuk boot ke desktop, padahal waktu anda membelinya Laptop / PC sangat cepat untuk booting ke desktop.

Kemungkinan penyebabnya:
1. software sistem operasi bermasalah.
2.      PC / Laptop terkena virus
3.       memori yang terpasang tidak memadai
4.      Harddisk full atau rusak.

langkah pemecahan masalah dan solusi perbaikan:
1.      Ini bisa jadi karena masalah software sistem operasi biasanya karena adanya windows di sistem yang Crash atau hillang atau terkena virus atau kemungkinan juga tertima dengan file lain pada saat melakukan install program .langkah pemecahan untuk hal ini adalah dengan melakukan restore windows ke tanggal sebelum melakukan penginstallan dengan cara restorenya adalah sebagai berikut :
start – all program – control panel – system – system protection – tab system protection – system Restore
Ikuti langkah selanjutnya.

ada kemungkinan lain juga bahwa anda memiliki terlalu banyak program loading di startup pada saat yang sama sehingga akan memberatkan memori pada saat loading windows/startup windows biasanya hal ini disebabkan pada saat melakukan install program selalu ada pilihan start up dan sobat melakukan centang di start ip sehingga program otomatis mengkonfigurasi pada sistem start up windows , hal ini dapat diatasi dengan menghapus program – progrma tersebut pada start up windows.
Ada 2 cara untuk menghapusnya yaitu :
·         Start – All program – Startup , hapuslah pada menu startup program – program yang ada di menu startup tersebut dengan mengklik kanan program kemudian delete
·         Cara kedua adalah dengan cara masuk ke menu MSCONFIG akan tetapi agar berhati –hati dalam mengkonfigasi di menu ini ya sobat karena apabila ada kesalahan akan menyebabkan windows crash / error secara fatal sobat bisa melakukannya dengan klik start – pada form run ketikkan perintah berikut : msconfig kemudian tekan Enter akan muncul menu MSCONFIG windows

Ingat ya sobat... berhati-hati dalam melakukan konfigaris ya sobat....
Jika sobat setelah dilakukan konfigurasi startup juga Laptop / PC masih terasa lambat maka sobat lakukan maintanance data ya , apakah sobat pernah melakukan maintanance data di PC / Laptop , ada beberapa cara memaintanance data diantaranya :
a.       Menghapus Cache-cache / sisa – sisa sampah yang ada di program-program , hal ini biasanya menggunakan software pembersih cache ,ada banyak pilihan software yang ada saat ini diantaranya : cccleaner, norton, dan lain-lain,
b.      Ada juga yang bawaan windows untuk melakukan maintanance data di hardisk diantaranya dengan melakukan Defrag Hardisk ,hal ini sangat membantu dalam menyusun data-data pada hardisk sesuai dengan kelompok program. Efek yang dapat di timbulkan adalah dengan melakukan defrag secara rutin akan membuat hardisk dapat menemukan file dengan cepat.sehingga PC /laptop dapat dengan cepat merespon perintah.
c.       Memperbaiki Register – Register Windows , diantara dengan menggunakan Fix Register, hal ini dapat mempercepat sistem operasi bekerja dengan baik , efek yan ditimbulkan adalah dengan memperbaiki register maka sistem operasi akan lebih mudah menerjemahkan perintah yang ada.
2.      Kemungkinan lain adalah Pc atau Laptop sobat terkena virus , langkah yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan scanner dengan antivirus yang update dan kuat.
Virus juga merupakan salah satu penyebab utama komputer berjalan lambat, mengapa virus memperlambat jalannya komputer? Virus selalu melakukan interupsi pada algoritma sebuah aplikasi yang telah terinfeksi oleh virus tersebut, selain itu virus juga membuat service-service yang mengganggu. Scan dan bersihkan harddisk Anda dari virus, jika memang system Anda terinfeksi oleh virus maka cara ini pasti akan sangat meningkatkan performa komputer.

3.      Memori PC atau Laptop yang sudah tidak memadai dimana program-program membutuhkan memori yang sangat besar untuk memproses data , terlebih lagi apabila melakukan multitasking sehingga membutuhkan memori yang cukup besar, adapun pc/ laptop saat ini dengan kebutuhan Memori yang cukup besar sehingga harus di Upgrade
mungkin juga laptop Anda membutuhkan lebih banyak memori.
Lihatlah pada sistem properties dan cari tahu berapa banyak memori yang telah diinstal.
Untuk Windows XP saya akan merekomendasikan setidaknya 1GB dan untuk Windows Vista paling tidak 3GB.
dengan memasang memori lebih akan mempercepat laptop anda.
Jika anda memiliki cukup memori terpasang dan sudah menginstal ulang sistem kembali tetapi hasilnya tetap lambat berarti anda memiliki harddisk yang rusak.

4.                  Kemungkinan adalah Hardisk sobat sudah full
Jika laptop itu cepat sebelumnya dan sekarang sangat lambat, anda dapat melakukan sleksi program dimana sobat melakukan pemisahan antara program-program yang tidak terpakai lagi dan yang masih terpakai, nah untuk program-program yang tidak terpakai ini maka sobat coba untuk melakukan uninstall sehingga Hardisk akan memiliki cukup ruangan untuk menyimpan yang lain, cara yang lain adalah dengan memasang / menambah Hardisk tambahan , jika sobat tidak ingin untuk menambah biaya maka sobat dapat mencoba menginstal ulang sistem operasi dari awal Jurus Terakhir ya sobat.
Back up semua file pribadi dan menjalankan recovery disc.
Reimage harddisk kembali ke setting default pabrik, kemungkinan besar reimaging laptop akan membuatnya lebih cepat.

3. LCD screen
ketika anda menekan tombol power, lampu led power pada laptop menyala tetapi layar tidak ada gambar dan layar laptop tetap hitam dan kosong alias Screen Blank.
Video pada monitor eksternal juga tidak bekerja walaupun sebelumnya bekerja dengan baik.

Kemungkinan penyebabnya:
1. Memori rusak.
2. Video card rusak.
3. Motherboard rusak.

langkah pemecahan masalah dan solusi perbaikan
1. Coba menghubungkan kembali modul memori, mungkin salah satunya tidak membuat kontak yang baik dengan slot memori.
Coba lepaskan modul memori satu per satu kemudian pasang kembali.
mungkin salah satu dari memori mengalami kerusakan.
Jika Anda hanya memiliki satu modul memori, coba pindah ke slot lain. Mungkin slot itu rusak.
Cobalah mengganti modul memori dengan yang masih baik atau baru.

2. Jika Anda memiliki kartu video khusus atau tidak umum, mungkin ada masalah dengan kartu video tersebut.
Pertama, coba hubungkan kembali kartu video pada motherboard. Mungkin koneksi antara kartu video dan motherboard buruk.
Jika dipasang kembali kartu video tetap tidak membantu, cobalah menggantinya dengan VGA card yang baru.
Jika Port VGA, Printer, Lan Card dan lain-lain tidak berfungsi dengan baik yang harus Anda lakukan pada umumnya adalah  membersihkannya dahulu sebelum Anda mengklaim bahwa komponen ini rusak. Mengapa port output ini sering bermasalah? kasus umumnya adalah karena ada input port yang kotor oleh debu dan dimasukan keport komputer maka secara langsung akan mengotori dan menghambat transfer data.
Penyebab yang sering mengakibatkan kerusakan atau tidak bisa digunakan secara normal.
3. Dalam laptop yang paling baru, kartu video terintegrasi ke dalam motherboard. Jika kartu video rusak, anda akan harus mengganti motherboard.

4. Liquid damage
Laptop restart terus setelah ketumpahan minuman.
kemungkinan kerusakan : motherboard.
langkah pemecahan masalah dan solusi perbaikan:

Bila laptop ketumpahan minuman atau soda kemungkinan besar motherboard mengalami kerusakan.
diperlukan untuk membongkar laptop untuk menemukan bagian lain yang rusak oleh tumpahan air atau soda.
Dalam kebanyakan kasus, motherboard yang rusak terkena cairan tidak dapat diperbaiki dan harus diganti dengan yang baru.
saran saya bila laptop anda terkena cairan atau minuman, cepat-cepatlah melepas adaptor atau baterai laptop anda.
setelah itu bongkar laptop untuk mengeringkan cairan yang berada pada motherboard.
5.  Komputer Mau Hidup Tetapi Tidak Mau Booting
Cara Mengatasinya :
Kenali Terlebih dahulu Bunyi Beep :
Beep 1 kali saja Tanda bahwa kondisi komputer baik
Beep 1 kali, panjang Terdapat problem di memory kemungkinan yang terjadi memori Longgar atau penempatan tidak pas, sosuli adalah lepaskan modul memori kemudian bersihkan pin dengan tisu kemungkinan berdebu , kemudian pasangkan kembali , jika ada 2 modul yang terpasang maka coba dengan menggunakan 1 modul  jika modul memori pertama masih ok maka coba dengan modul memori berikutnya hal ini berfungsi untuk mengetahui apakah ada modul yang rusak, jika ada di temukan modul yang tidak normal maka pindahkan modul ke slot yang lainnya,
Beep 1 kali panjang dan 3 kali pendek Kerusakan di VGA card langkah mengatasi hal ini adalah sobat dapat melepas VGA Card sobat kemudian nyalakan kembali komputer , setelah itu matikan komputer dan bersihkan PIN VGA Card dan slot vga card , kemudian pasangkan kembali ,
Beep 1 kali panjang dan 2 kali pendek Kerusakan di DRAM parity
Beep terus menerus Kerusakan dimodul memory atau memory video
– Cek dengan menggunakan software diagnosa seperti sisoft sandra, PC mark04, PC mark05 dll.

6. Komputer Mau Booting Tetapi Selalu “Safe Mode “ (untuk masuk ke safe mode tekan F8)
Cara Mengatasinya :
– Restart kembali komputer anda
– Jika masih trouble install ulang windows anda
– Jika masih safe mode juga, berarti HD anda bermasalah
Cek dengan : Scan Disk.

7.  Komputer Sering Hang
Cara Mengatasinya :
– Disebabkan software mengalami crash
– tekan ctrl + alt + del >> klik End task pada program yang “Not Responding”
– tekan tombol restart pada CPU
– Disebabkan hardware mengalami konflik (adanya penambahan hardware baru)
– konflik antar hardware sering terjadi pada sistem operasi windows
– install ulang windows anda, tetapi yang perlu diingat sebelum reinstall windows anda,
lepaskan dulu hardware baru anda
– jalankan fasilitas “add new“ hardware yang terdapat pada control panel.






    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar