Space Iklan :085296206269

Responsive Ads Here

Kamis, 18 Februari 2016

CARA MEMBUAT DOKUMEN PDF TANPA HARUS SCAN

Hai Sobat... ketemu lagi nih , di http://komtipstrik.blogspot.com:- kali ini kita akan membahas bagaimana menkonversi data data kita agar tidak di dapat di Edit oleh orang lain, bagaimana data kita tidak kita cetak lewat kertas , bagaimana data ketikan kita baik berupa Microsoft Word, Exel , Power Point, dll dapat kita konversi menjadi berformat PDF , tidak lagi berformat source yang dapat di edit oleh orang banyak ,

Format yang sering banyak dibaca oleh arsip adalah format PDF dimana fomat ini ringan, ukuran kecil dan kualitas baik ,  
PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. Pada Acrobat 3-D, kemampuan PDF juga meliputi pembacaan dokumen tiga dimensi. PDF telah menjadi standar ISO pada tanggal 1 Juli 2008 dengan kode ISO 32000-1:2008.

Sejarah

Ketika pertama kali diperkenalkan pada tahun 1993, tingkat penggunaan dokumen berformat PDF relatif rendah. Pada saat itu perangkat lunak untuk membuat dokumen PDF (Adobe Acrobat) dan perangkat lunak untuk membacanya (Acrobat Reader, sekarang Adobe Reader) tersedia secara komersial, tidak didistribusikan gratis. Versi-versi awal Bersejarah PDF tidak mendukung fasilitas online dengan WWW dan penambahan besar ukuran berkas PDF pada paket data yang dikirimkan membuatnya lambat untuk  di download dengan tingkat kecepatan internet pada saat itu. Penyebab lain kekurangpopuleran PDF pada masa itu disebabkan karena format berkas PDF harus bersaing dalam tingkat penggunaannya dengan format lain seperti Envoy, Common Ground Digital Paper, dan PostScript (.ps). PostScript adalah format yang juga diciptakan oleh Adobe dan sebagian fungsinya diimplementasikan pada PDF. Laju peningkatan penggunaan dokumen PDF meningkat dengan pesat setelah Adobe mulai mendistribusikan perangkat lunak Acrobat Reader secara gratis. Mereka juga membebaskan siapapun untuk menciptakan aplikasi pembuat maupun pembaca dokumen PDF tanpa perlu membayar royalti kepada Adobe System selaku pemegang hak paten PDF.
·          
    • Format dokumen PDF mengkombinasikan tiga teknologi:
      • Sub-set dari pemrograman deskripsi halaman PostScript untuk menghasilkan tampilan dan grafik
      • Sistem penempatan/pemindahan huruf untuk mengijinkan perpindahan huruf di dalam dokumen
      • Sistem penyimpanan terstruktur untuk menempatkan dan mengkompresi elemen-elemen dokumen ke dalam satu berkas.

Antarmuka dokumen PDF

Antarmuka dokumen PDF pada umumnya tersusun atas kombinasi teks, grafik vektor, dan grafik raster. Grafik vektor digunakan untuk menampilkan ilustrasi yang terbentuk dari garis dan kurva, sedangkan grafik raster digunakan untuk menampilkan foto dan citra. Pada perbaikan format selanjutnya, dokumen PDF juga mampu mendukung hyperlink, forms, javascript, dan berbagai kemampuan lain yang dapat didukung dengan melakukan penambahan plugin. Dokumen PDF versi 1.6 telah memiliki kemampuan untuk menampilkan grafik tiga dimensi interaktif.

Aksesibilitas

Berkas PDF dapat dibuat secara spesifik agar dapat diakses oleh orang-orang dengan cacat/keterbatasan fisik. Format berkas PDF dapat dilengkapi dengan label (tag) XML, teks ekuivalen, perbesaran visual teks (magnifier), penambahan fasilitas audio/suara, dan sebagainya. Beberapa perangkat lunak kreator PDF seperti Adobe InDesign dapat secara otomatis membuat berkas PDF berlabel.

Keamanan dan pembatasan penggunaan

Berkas PDF dapat disandikan sehingga untuk dapat membuka atau mengeditnya diperlukan katakunci tertentu. Penyandian berkas PDF dilakukan dalam dua tingkat, yakni 40-bit dan 128-bit dengan menggunakan sistem sandi kompleks RC4 dan MD5. Berkas PDF juga dapat diberi pembatasan DRM untuk membatasi aktivitas penggandaan, penyuntingan, maupun pencetakan berkas tersebut.
Baiklah ,, itu pengetahuan umum tentang PDF ,Sekarang kita lanjutkan untuk cara agar berkas file kita dapat berformat / ber extension PDF tanpa harus di scan terlebih dahulu . 

Langkah –langkahnya adalah sebagai berikut :
1.       Download terlebih dahulu softer pdfFactory ya sobat , dapat di downlod disini : DownloadPdfFactory [google drive] password : komtipstrik.blogspot.com
2.       Setelah berhasil di download agar dilakukan Install ke PC atau Laptop sobat ya ..... hingga selesai ,
3.       Pada saat Install akan muncul pesan Windows Swcurity dimana meminta izin untuk pemasangan Printer , maka kita lanjutkan dengan Install ya sobat...

4.       Kemudian Finish , maka printer PDF telah berhasil kita pasang , untuk menggunkannya cukup mudah sobat ... caranya seperti melakukan mencetak dokumen seperti biasa , bedanya hanya memilih jenis printer nya , untuk mencetak dokumen PDF maka gunakan printer ini ya sobat ...pdfFactory
5.       Begitu kita OK maka kita akan diminta untuk Save Halaman PDF yang telah kita create ,
Dan hasilnya adalah hasil dokumen kita telah bernbentuk PDF ,

Cukup mudah kan sobat.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar